Pentingnya Kontak Mata Dengan Si Kecil

Tips & Tricks - 15 May 2018

Anda orangtua baru? Pastikan menatap mata bayi Anda saat mengajaknya berbicara atau bercanda. Karena tatapan mata orangtua yang ditangkap bayi menghasilkan gelombang otak yang selaras, yang menunjang kemampuan belajar dan berbicara Si Kecil. 


Penelitian ini dilakukan di Lab Baby-LINC di Universitas Cambridge yang mengamati pola gelombang otak 36 bayi dengan electroencephalography(EEG) untuk mengukur pola aktivitas getaran listrik otak melalui elektroda. Percobaan menggunakan lagu anak-anak dilakukan dua kali. Percobaan pertama, bayi diperlihatkan sebuah video di mana seorang dewasa menyanyikan lagu anak-anak untuk si bayi. 


Percobaan kedua, seorang dewasa berhadapan langsung dengan si bayi. Di kedua percobaan itu, orang dewasa yang bernyanyi menatap langsung ke arah bayi, lalu menoleh untuk mengalihkan tatapannya, sambil tetap menyanyi. Akhirnya, ia memalingkan muka, tapi matanya langsung menatap bayi kembali. 


Hasilnya, gelombang otak bayi selaras ketika saat tatapan orang dewasa bertemu dengan bayi, dibandingkan saat tatapannya dihindari. Efek keselarasan terbesar terjadi saat orang dewasa berpaling, tapi tatapan masih tertuju pada sang bayi. Menurut peneliti, tatapan seperti itu sangat disengaja, dan memberi sinyal yang lebih kuat kepada bayi yang ingin diinformasikan orang dewasa kepadanya. 


"Ketika orang dewasa dan bayi saling melihat, itu menandakan kesediaan dan niat mereka untuk berkomunikasi. Kami menemukan bahwa otak orang dewasa dan bayi menanggapi sinyal pandangan sehingga lebih selaras. Ini mempersiapkan orangtua dan bayi untuk berkomunikasi, dengan menyesuaikan kapan harus berbicara dan kapan mendengarkan, yang juga akan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif," ujar Dr. Victoria Leong, ahli saraf yang terlibat dalam penelitian. – FD


foto: beaconhouseadoption.com