Selektif Memilih Daycare

Tips & Tricks - 13 Nov 2017

Memilih tempat penitipan anak atau daycare harus dipikirkan secara cermat. Tidak hanya aman dan nyaman, daycare juga harus bisa membantu anak tumbuh dan mengembangkan keterampilannya, sambil bersenang-senang, tentunya.  

Saat hendak mencari tempat penitipan anak, mulailah pencarian lebih awal, misalnya beberapa bulan sebelum Anda membutuhkannya. Jika Anda tinggal di kota besar, daycare umumnya cepat sekali penuh. Begitu menemukan daycare yang Anda anggap baik, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak salah pilih dengan cara sebagai berikut: 

1. Pastikan memilih daycare yang memiliki izin usaha dari pemerintah. Hal ini untuk keamanan. Sebab, banyak daycare yang belum memiliki badan hukum. Pertimbangkan juga jarak daycare tersebut, apakah dekat atau jauh dari rumah atau tempat kerja.

2. Melakukan riset pribadi dengan cara bertanya atau meminta rekomendasi dari orangtua lain, kerabat, teman kerja dan dokter anak Anda. Anda juga bisa memeriksa lewat sumber online tentang rujukan daycare.  

3.  Melakukan kunjungan dan wawancara. Selama melakukan kunjungan langsung, Anda dapat mengajukan pertanyaan seputar biaya, jam operasional, serta kebijakan yang mereka terapkan seperti kedisiplinan, soal makan dan istirahat (tidur) dan aktivitas anak. Tanyakan juga tentang rasio pengasuh dan jumlah anak di kelas.  Idealnya, satu pengasuh dapat menjaga dua orang anak di bawah usia satu tahun. Untuk anak usia di atas 4 tahun, idealnya satu pengasuh menjaga lima anak. Dengan demikian kasih sayang, kebutuhan dan emosional anak bisa tercukupi. Selama melakukan kunjungan langsung ke daycare, perhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan. 

4. Ajak anak Anda berkunjung ke daycare dengan memanfaatkan kesempatan mencoba atau trial bermain di daycare. Perhatikan cara anak dan pengasuh berinteraksi dan cari tahu apakah anak Anda merasa nyaman di tempat tersebut. Jika setelah beberapa hari mencoba, anak terlihat gembira dan bersemangat saat akan berangkat ke daycare, itu tandanya anak merasa nyaman. Namun jika ia menangis, sebaiknya mencari daycare yang lain. (YU)

Foto: verywell.com